Aneka Resep Donat

September 2, 2008 at 6:07 am Leave a comment

Resep Donat Telo

Ingin mencoba resep ini? Bahannya mudah didapatkan, resepnya gampang dipraktekkan, hasilnya bisa dinikmati satu keluarga. Rasanya manis dan empuk…!

Bahan Resep Donat :
• 300 gram Ketela (telo) yang sudah direbus dan dihaluskan
• 700 gram Terigu Roda Biru
• 20 gram Susu bubuk
• 25 gram Tepung maizena
• 50 gram Gula
• 2 gram Vanila essence
• 1 gram Telur
• 8 gram Ragi instan
• 400 gram Air
• 25 gram Shortening putih
• 10 gram Garam

Bahan Resep Donat:
• 200 gram Gula halus


Cara Membuat Donat:
1. Campur semua bahan kering di dalam mangkuk mixer. Kecuali garam dan shortening putih.
2. Masukkan telur dan air ke dalam bahan kering, aduk dengan kecepatan rendah hingga adonan menggumpal. Masukkan shortening putih dan garam, aduk lagi dengan kecepatan sedang hingga kalis.
3. Istirahatkan adonan selama ± 15 menit. Timbang adonan dengan berat 40 gram, bulat-bulatkan dan letakan di loyang yang sudah diberi tepung terigu. Istirahatkan kembali ± 10 menit.
4. Setelah 10 menit, lubangi tengahnya dengan menggunakan kedua jari telunjuk dan putar-putar sehingga lubangnya melebar. Letakkan kembali adonan di loyang tadi; biarkan agar sedikit mengembang.
5. Siapkan penggorengan dengan minyak yang banyak dan menggunakan api sedang.
6. Goreng donat hingga matang atau warna kecoklatan.
7. Biarkan donat dingin. Setelah donat dingin, taburi permukaannya dengan gula halus atau gulung-gulungkan donat di gula halus.

Hasil jadi: 35 pcs

Resep Donat kentang

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:

Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat

tips sukses membuat donat kentang :

1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.

2. Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.

3. Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan

4. Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn…waaa.., raginya langsung mati deh.

5. Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.

6. Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.

7. Lubangi bagian tengahnya menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.

8. goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam) Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.

Resep Donat kentang v.2

Donat Kentang

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan
100 gr gula pasir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:
– dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus dan kuning telur, uleni hingga rata dan setengah kalis.
– Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
– Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
– Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
– Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

dari 2 resep donat diatas,, menurut gw yg paling enak resep donat kentang yg ini

Donat ala J-Co

Bahan A :
850 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
30 gr ragi instant
10 gr garam
600 ml air matang (kalo pake tepung cakra, kurangi 75 – 100 ml)

Bahan B :
200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih / shortening

Cara Membuat Donat:
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah
tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10
menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak
dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna
kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

Note : – Jika menggunakan Tepung Cakra, takaran air harus
dikurangi sebanyak 75 s.d 100 ml

gw bikinnya pake tepung komachi.. empukk.. ga tau kalo pake cakra sama apa engga rasanya😛

tuz gorengnya lebih bagus pake minyak padat (gw pake frybest) karna hasil gorengan donatnya gak berminyak dibanding pake minyak goreng biasa
mnurut gw,, rasa donat ini yaa jco wannabe kali yak heheh.. tekstur nya ‘kopong’ gituh tapi tetep enak kok

Resep Donat – Cheese Ball Donut

Bahan donat :
250gr terigu protein tinggi
100gr kentang kukus, haluskan
25gr gula pasir
3gr ragi instan
½ sdt baking powder
10gr susu bubuk
1 kuning telur
125ml air es
25gr margarin
½ sdt garam

Bahan topping:
300gr wcc, lelehkan
600gr keju parut

Cara membuat chesse ball donat:
donat : campur terigu, kentang, gula pasir, ragi instan, baking powder dan susu bubuk, aduk rata
tambahkan kuning telur. Uleni rata. Tuang air es sedikit2 sambil di uleni sampai kalis
masukan margain dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit
kempiskan adonan. Timbang masing2 10gr. Bulatkan, diamkan 10menit
kempiskan adonan. Bulatkan lagi. Letakkan diloyang yg ditabur sedikit tepung. Diamkan 60menit sampai mengembang
goreng dalam minyak padat yg sudah dipanaskan dg api sedang sampai matang. Dinginkan
celup donat ke dalam wcc leleh, gulingkan di keju parut
yang ini donat dicelup ke dalam mcc leleh,, tuz kasi keju parut..sama enaknya

Resep Donat Singkong

Bahan resep:
400 gram singkong, bersihkan, potong-potong, kukus dan haluskan.
400 gram tepung terigu protein tinggi.
100 gram gula halus.
10 gram baking powder.
11 gram ragi instan.
1,5 sendok garam halus.
50 gram susu bubuk.
2 butir telur ayam.
150 ml air.
100 gram margarin.
Minyak secukupnya, untuk menggoreng.
Gula bubuk secukupnya, untuk lapisan resep.

Cara Membuat Resep donat singkong:
1. Masukkan resep singkong, tepung, terigu, gula halus, baking powder, ragi instan, garam dan susu bubuk. Aduk rata.
2. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
3. Tambahkan margarin, uleni sampai kalis. Bundarkan adonan, sisihkan selama 60 menit dalam temperatur ruang.
4. Kempiskan adonan, kemudian potong dan timbang adonan masing-masing seberat 25 gram.
5. Goreng adonan sampai matang berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Panas-panas, gulingkan donat ke dalam gula bubuk.
Resep donat singkong siap dihidangkan.
Resep ini untuk 45 buah.

Aneka rasa resep masakan Indonesia

Entry filed under: 1. Tags: .

Resep Pastel Daging Sapi (Jalan Kote) Resep Panada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: